Begini Cara Membersihkan Kamar Mandi dengan Mudah dan Cepat

 

Sebuah ungkapan klasik menyebutkan, bahwa kebersihan si pemilik rumah dapat terlihat pada kamar mandinya. Terlepas dari benar tidaknya, kebersihan kamar mandi memang sangat penting bagi setiap rumah. Tak hanya agar enak dilihat orang, tapi juga memberikan kenyamanan bagi yang menempatinya.

Sebenarnya membersihkan dan merawat kamar mandi tidak terlalu susah, yang penting Anda tahu bagaimana cara membersihkan elemen-elemen yang terdapat di dalam kamar mandi, seperti bathtub (bak mandi) dan kloset.
Untuk menghilangkan beberapa bagian yang kotor, Anda bisa melakukan beberapa hal:
– Menggunakan air panas untuk membersihkan beberapa bagian kamar mandi yang terlihat kotor, agar lebih mudah dibersihkan.
– Gunakan larutan garam yang dicampur dengan terpentin atau getah pohon pinus Merkusi yang kerap digunakan sebagai bahan baku kosmetik, cat minyak, pelarut, antiseptik, kamper dan bahan kimia lainnya. Gosokkan kedua campuran tersebut, kemudian bilas.
– Biasakan untuk mengisi bathtub dengan air dingin lebih dulu, sebelum memberi air panas. Karena jika terlalu sering diberi air panas, lama kelamaan bathtub akan cepat retak.
– Bak air dan bathtub memiliki noda membandel, dapat dihilangkan dengan air tawas. Caranya: hancurkan tawas, campurkan dengan sedikit air sehingga membentuk krim kental. Gosokkan cairan tersebut pada noda yang membandel.
– Bila noda masih juga bandel, beri sedikit perasan jeruk nipis atau lemon pada krim tawas. Oleskan pada noda, dan biarkan mengering. Setelah itu beri lagi perasan jeruk nipis atau lemon, baru digosok. Setelahnya, bilas dengan air bersih.

Membersihkan dinding dan lantai kamar mandi:
1. Lap dinding dan lantai kamar mandi secara rutin, dengan menggunakan lap bersih yang lembab dan sedikit bahan pembersih. Setelah itu bilas dengan air bersih.
2. Cara lain, gosok kamar mandi dengan cairan disinfektan atau krim tawas, dengan cara yang sama seperti saat membersihkan bathtub.
3. Untuk rumah yang airnya mengandung kapur, gunakan larutan air dan garam dengan perbandingan 1:2. Lalu bersihkan bagian yang bernoda dengan larutan garam.
4. Bersihkan lantai dengan menggunakan campuran berikut:- 4 liter air panas – 30 ml Baking soda- 30 ml Borax- 30 ml Washing Soda- 125 ml vinegar- 15 ml sabun cair. Campurkan semua bahan, percikkan ke lantai lalu disikat. Bilas dengan air bersih atau cukup dilap dengan kain bersih yang telah dicelup air. Campuran ini juga bisa digunakan untuk membersihkan dan menyerap bau serta membunuh kuman di sekitar toilet. Caranya: tuang campuran tersebut ke dalam toilet, biarkan beberapa menit. Sikat dengan sikat toilet, lalu bilas.

Membersihkan kloset:
1. Gunakan sedikit pemutih ke dalam kloset atau percikan dengan bubuk pembersih saat menyikat kloset.
2. Gunakan cairan desinfektan untuk membersihkan dudukan kloset.
3. Bersihkan kloset dengan sikat kloset, setelah itu jangan lupa untuk membilas sikat dengan air sabun panas.
4. Jika kloset mampet, segera beli garam sebanyak 5 kilo, tumbuk halus dan taburkan garam tersebut ke lubang WC, kloset pun kembali lancar.
5. Untuk mengatasi bau, Anda bisa menggunakan bahan-bahan berikut ini: tuang campuran 125 ml baking soda dan 125 ml cuka, dengan perbandingan 1:1 ke dalam toilet. Busa yang terbentuk akan membersihkan dan menyerap bau, sikat dan bilas.
6. Untuk membunuh kuman: Campurkan 60 ml borax, 30 ml cuka dan 500 ml air panas ke dalam botol spray. Gunakan untuk membunuh kuman di toilet dan sekitarnya.

Membersihkan dan merawat keran air:
a) Gosok keran dengan pembersih untuk stainless steel, lalu bilas dengan air panas. Lap keran sampai kering.
b) Jika keran bernoda kapur agak tebal, ambil kapas dan beberapa tetes cuka. Gosokan kapas tersebut pada keran selama beberapa menit, setelah itu biarkan selama 1 sampai 2 jam. Noda kapur nantinya akan larut.
c). Jika air di keran kotor, gunakan kapas dan selembar plastik bening. Lubangi plastik, lalu masukan kapas ke dalamnya. Ikatkan pada mulut keran, sehingga air yang keluar akan menjadi bersih dan bening.
d) Jika keran air mampet, lepaskan kepala keran lalu rendam dengan air cuka semalaman agar kotoran (pengapuran) yang menyumbat keran keluar. Setelah itu bilas dengan air bersih dan pasang kembali. Cara ini itu efektif jika keran mulai berbunyi saat diputar.

Membersihkan saluran air secara alami:
– Gunakan jaring khusus yang dipasang di atas saluran air, untuk mencegah masuknya rambut atau benda lain yang dapat menyumbat saluran. Jaring ini bisa Anda dapatkan di supermarket.
– Gunakan alat penyedot untuk saluran pembuangan air.
– Jika saluran air mampet, tuangkan 60 ml baking soda ke dalam saluran air, lalu tuang lagi dengan 60 ml cuka. Diamkan selama 15 menit, lalu bilas dengan air mendidih.

(TR/berbagai sumber)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *