Penyebab Gatal Pada Selangkangan

 

Gatal-gatal pada selangkangan disebabkan oleh jamur tinea cruris. Jamur ini memang menyukai tempat yang lembab. Ia bisa berkembang biak dengan cepat tidak hanya di daerah selangkangan, tapi juga daerah terbuka lainnya seperti di paha, punggung dan daerah dekat dubur.

Penyebabnya, mungkin karena kurang menjaga kebersihan, dan setelah mandi atau saat tubuh berkeringat, jarang dilap hingga kering sehingga memberi kesempatan kepada jamur untuk tumbuh kembang di tubuh. Di samping faktor lainnya seperti alam tropis Indonesia yang sangat panas dan lembab menyuburkan semua penyakit kulit, karena badan kita lebih sering mengeluarkan keringat.

Ada baiknya untuk sementara menghindari menghindari makanan yang dapat memicu timbulnya gatal-gatal seperti udang, kepiting, cumi-cumi, ikan asin dan makanan laut lainnya. Di samping itu, rajin bersihkan tubuh sehari dua kali, hindari mandi antara waktu Magrib dan Isya. Memakai pakaian yang mudah menyerap keringat, dan mengganti pakaian dalam bila berkeringat atau basah.

Gatal-gatal tidak mempengaruhi produksifitas dan kualitas dari sperma. Karena, sperma dibuat di testis atau buah zakar. Andai pun testis anda mengalami gatal-gatal juga, tetap tidak mempengaruhi sperma. Warna kulit yang menghitam akibat bekas digaruk agak sulit untuk dikembalikan kepada warna aslinya mengingat bekas garukan tersebut tidak hanya membekas di lapisan kulit pertama tapi juga sudah menembus ke lapisan kulit yang lebih dalam. Ada baiknya selalu menggunting kuku jari tangan anda, sehingga bila terpaksa harus menggaruk tempat yang gatal, tidak sampai lecet atau berdarah.

Beberapa herba untuk mengatasi gatal-gatal adalah:

Ketepeng Cina (Cassia alata L.)
Efek: menghilangkan gatal-gatal, insecticidal, sebagai obat kulit yang disebabkan oleh parasit kulit, dan lain-lain.

Temu Lawak (Curcuma xanthorrhiza)
Efek: sebagai antiradang, antibakteri, meredakan rasa sakit (analgetik), dan lain-lain.

Kunyit (Curcuma longa L.)
Efek: sebagai antiradang, antibakteri, melancarkan sirkulasi darah, dan lain-lain.
Berikut ini contoh beberapa resep untuk pengobatan gatal-gatal:

Untuk diminum:
30 gram temu lawak (dipotong-potong) + 10 gram sambiloto kering + gula aren secukupnya, dicuci bersih lalu direbus dengan 500 cc air hingga tersisa 200 cc, disaring, airnya diminum.

Untuk diolesi di tempat yang gatal:
Daun ketepeng cina secukupnya dicuci bersih dan dihaluskan, tambahkan 1 sendok teh air kapur sirih dan 1 sendok makan minyak kelapa, dipanaskan sebentar, setelah hangat dioleskan pada bagian yang gatal-gatal. eksim.

Untuk diolesi di tempat yang gatal: Kunyit yang tua secukupnya dicuci bersih dan diparut, tambahkan 1 sendok air kapur sirih dan perasan 1 buah air jeruk nipis, diaduk sampai merata, lalu adonan tadi dioleskan pada bagian kulit yang terkena gatal.

Produk HPA untuk gatal-gatal: Coscinium Plus untuk menyembuhkan sinusitis, jerawat, alergi dan gatal-gatal.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *